header

navigation

cari

Senin, 08 Mei 2017

Tupoksi Haflah Akhirusannah


               
PENDIDIKAN : Pengajian Salaf, Madin, MTs, Wajar Dikdas, SMK, Majlis Ta’lim       
 
PANDUAN PENYELENGGARAAN PAGELARAN HAFLAH AKHIRUSANNAH PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA KE 39

Langkah - langkahnya kami rangkum dalam 9 tahap yaitu :
1. Musyawarah membentuk Kepanitiaan
2. Musyawarah Panitia menentukan Rancangan  Anggaran
3. Musyawarah mencari sumber pendanaan
4. Pelaksanaan tugas-tugas persiapan sebelum hari H
5. Musyawarah Koordinasi/ pengecekan tugas sebelum hari H
6. Pelaksanaan tugas saat hari H
7. Pelaksanaan tugas setelah hari H
8. Musyawarah evaluasi
9. Selesai


















Untuk penjelasannya  sebagai berikut :
1. Musyawarah membentuk Kepanitiaan
A.
Dewan Penanggung jawab








Pelindung


: KH. M. Muafiq





Penasehat


: Agus Abd. Ghofar,S.Pd.I








: Agus Arif Fahmi,S.Pd.I









: Ali Imron










: Muh Fathoni






Ketua Panitia

: 1. A U Khabib M









: 2. M Syaiful





Sekretaris


: 1. Doni S
3. Nurul Latifah








: 2. A Ridwan






Bendahara


: 1.A Baehaqi










  2. M Fuaida





B.
Dewan Koordinator









Undangan Pemberitahuan & Hari H
: Doni,Baehaqi,Lilis





Kayu Bakar


:  Muh Fathoni






Dekorasi & Penerangan
: Usman S ,Khoerudin





Dokumentasi


: Habibi ,Khabaib





Bambu


: Henyanto






Konsumsi


:  Santri Ihya' & I'anah





Qori'


:  M Syaiful






Mubaligh


: Bp Ali Imron






Musabaqoh


: Santri Wahab & AlFyah





Sound & Tratak

:  Habibi ,Eka






Humas


: Mujib,Henyanto





Acara



Penginapan :




P. Markhum
: M.Syaiful & Muhfatoni



: Usman S








P. Musthofa
:Ghozali & Henyanto







Mbh. Surati
: A Ridwan








P. Tauhid

:Uma A








P. Muslih

: Milatul Kamila




C.
Dewan Pelaksana









Penerima Tamu










1. Bagian timur

:Bp Muhdlorun,P Mudzi.Pmuslimin,P Prayit,




2. Bagian Barat

:P Basori,Pak Mukabiron,Bp Mujahid,Bp Musabikun,P Lukman

Peladen










1. Bagian timur

:Farid,ENA,Deva






2. Bagian Barat

: Latul,Zulfa,Nila






3. Ndalem Kulon

:Usman S,Khoerudin,Uma,Nanda





4. Ndalem Wetan

: Mujib,Syaiful,Zali,Dharma,Irfan M,Irul,Haryati,Amanah


Pencatat Infaq










1. Bagian timur

:Zazan,Wildan







2. Bagian Barat

:Khayun,Aeni






Kontrol Snack










1. Bagian timur

: Khabaib,Andi S,Ikhsan,Aziz,Syarifudin




2. Bagian Barat

: Santri Wahab










  




  Arena Haflah











1. MC


: Ryan & Ulinnuha






2. Prakata Panitia

: A U Khabib M






3. Qori'


:Ust Ngadikin








4. Sambutan Wali santri & Alumni
: K.Al amin








5. Tahlil


: K.H Ma’ruf








        Pembantu Umum dan perlengkapan

: Santri Wahab & Mahali





    Kebersihan


: Santri Alfyah






    Pembalik Sandal

: Rozaq Smt,Rouzan,Danur,Nuzul




    Parkir


: Rozaq S,Eka B P, Alumni muda




2. Musyawarah Panitia menentukan Rancangan  Anggaran
A. Pemasukan





Iuran Santri
250 x 150.000 = Rp 37.500.000

B. Pengeluaran





a. Publikasi




Undangan Pemberitahuan
 Rp   3.000.000,000


Undangan Hari H



b. Transportasi




Transport

 Rp   1.500.000,000








kayu Bakar

 Rp   1.000.000,000


Dekorasi


 Rp   1.500.000,000


Video Shooting

 Rp   2.000.000,000


Penerangan

 Rp      500.000,000


Konsumsi

 Rp 12.000.000,000


Qori'


 Rp   1.000.000,000


Mubaligh

 Rp 10.000.000,000


Musabaqoh

 Rp   1.500.000,000


Sound dan tratak

 Rp   5.000.000,000


TOTAL


 Rp 39.000.000,000















3. Musyawarah mencari sumber pendanaan
Setelah rancangan anggaran sudah jadi selanjutnya yaitu musyawarah mencari sumber pendanaan. Biasanya pendanaan bisa didapatkan dari kas , wali santri, warga ataupun berasal dari para donatur
.










4. Pelaksanaan tugas-tugas persiapan sebelum hari H
4.1. Ketua dibantu wakilnya mengkoordinir dan menggerakkan seluruh anggota panitia serta mengecek dan    memastikan semua elemen panitia bekerja serta bertanggungjawab mencarikan Pembicara.
4.2. Sekretaris dibantu wakilnya menyiapkan keperluan administrasi acara seperti :
          a. membuat undangan untuk :
             a.1. Rapat kepanitiaan
             a.2. Pengajian Akbar ditujukan untuk
                    - Wali santri
                    - Tokoh Masyarakat
                    - Instansi Pemerintahan
                    - Warga sekitar
                    - Umum
                   undangan Pengajian Akbar disiapkan minimal  satu bulan sebelum hari H sudah dibuat dan maksimal satu minggu sebelum hari H sudah siap diedarkan.
         b. Membuat notulen rapat
         c. Membuat surat / pamflet / banner     Pengumuman
4.3. Bendahara dibantu wakilnya mengumpulkan, menyimpan dan mengelola dana sesuai rancangan anggaran yang telah ditentukan
.
              4.4. Seksi Perlengkapan
             Bertanggung jawab mengupayakan penyediaan alat-alat perlengkapan yang dibutuhkan minimal seminggu sebelum hari H urusan penyediaan perlengkapan sudah siap.Dikarenakan tugas seksi perlengkapan sangat banyak maka khusus untuk seksi perlengkapan personelnya diperbanyak minimal 5 orang atau lebih.
4.5. Seksi Dekorasi
              Bertanggung jawab mengupayakan dan menyiapkan dekorasi panggung pagelaran.
4.6. Seksi Dokumentasi
             Merancang dan memetakan apa saja hal-hal yang nantinya perlu untuk didokumentasikan dalam  acara tersebut.

             4.7. Seksi Acara
            Merancang, menjadwal dan memetakan sekaligus mengatur jalannya acara Pengajian agar acara tersebut nantinya berjalan dengan lancar sesuai jadwal.
            4.8. Seksi Konsumsi
            Menyiapkan, merancang menu jamuan apa saja yang akan disajikan untuk seluruh peserta acara  Pengajian. Biasanya ada jamuan kekhususan untuk Pembicara dan tamu kehormatan.
             4.9. Seksi Humas
            Bertanggungjawab mengedarkan undangan dan pengumuman serta mengurusi hal- hal teknis yang berhubungan dengan masyarakat/publik



4.10 Seksi bambu
  Bertanggung jawab Mempersiapkan bambu yang akan di gunakan pada saat Haflah berlangsung
4.11 Qori’
Bertanggung jawab mencari dan mengkorfimasi qori’ yang akan membacakan lantunan ayat Alqur’an saat haflah
4.12 kayu Bakar
Bertanggung jawab mempersiapkan kayu bakar yang akan digunakan untuk memasak saat acara haflah
4.13 Penginapan
Bertanggung jawab mengkordinasi penginapan dan transit tamu dan wali santri saat Haflah.
4.14 Peladen
Bertanggung jawab mengontrol dan menyuguhi tamu yang masuk ke dalem Kyai
4.15 Pencatat infaq
 Bertangggung jawab mencatat , menerima uang infaq dari Alumni  dan mengontrol pembagian snack untuk tamu.
4.16 kontrol snack
Bertanggung jawab mengontrol snack yang akan di berikan pada tamu.
4.17 Pemalik sandal
Bertanggung jawab merapikan sandal para tamu yang masuk ke dalem Kyai
4.18 Parkir
Bertanggung jawab mengondisikan kerdaraan bermotor ataupun mobil milik para tamu.
4.19 penerima tamu
Menyambut tamu yang hadir dan mengarahkan dimana tamu itu untuk duduk.
5. Musyawarah Koordinasi/ pengecekan tugas sebelum hari H
Tiga hari sebelum hari H Panitia mengadakan musyawarah Koordinasi untuk mengecek dan memastikan bahwa seluruh tugas-tugas persiapan dari tiap- tiap elemen panitia sudah selesai dan siap.
Ketua panitia mengecek dan menanyakan tugas tiap anggota panitia apakah sudah siap atau belum , apakah ada kesulitan atau hambatan jika ada segera  cari solusinya agar nantinya ketika hari H acara dapat berjalan dengan lancar dan baik.











6. Pelaksanaan tugas saat hari H
Seksi acara mengatur jalannya acara mulai dari awal sampai akhir sesuai jadwal acara yang telah ditentukan. Contoh rancangan acara haflah akhirussanah :
A.     Pra Haflah
A.1 vestifal rebana  (malam sabtu / 5 mei 2017)  :
1. Pembukaan
2. vestifal rebana al habsyi
3. Pengumuman juara dan pembagian hadiah
4. Penutup
A.2 Tekroran nadzoman ( ba’da dzuhur / 6 mei 2017)
1.Pembukaan
2. Hafalan nadzoman perkelas
3. penutup
     A.3 Khotmil Qur’an
            1.Pembukaan Dan hadhoroh
            2.Hafalan Alqur’an
            3. Tahlil
            4. Doa Khotmil Qur’an
            5. Penutup
B. Acara Inti
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci alQuran
3. Sambutan
4. Tahlil
5. Mau'idhoh hasanah
6. Penutup
  
Agar acara berjalan lancar seksi acara harus selalu berkoordinasi dengan MC (master of ceremony).
Setelah acara selesai berikutnya yaitu :
7. Pelaksanaan tugas setelah hari H
Ketua dibantu wakilnya mengkoordinir :
1. Seksi perlengkapan
    Untuk mengembalikan semua alat-alat perlengkapan
 2. Seksi kebersihan
    Untuk membersihkan lokasi acara seperti sedia kala.



8. Musyawarah Evaluasi
Ketua dibantu wakilnya mengecek satu persatu anggotanya apa masih ada tugas yang belum selesai jika masih ada segera cari solusi dan selesaikan. Kemudian tiap-tiap seksi melaporkan hasil kerjanya dari awal hingga akhir sudah lancar, baik atau belum ataukah masih ada kendala/kekurangannya jika masih ada selesaikan sampai tuntas. Kemudian laporan evaluasi dicatat kelebihan dan kekurangannya untuk dijadikan bahan referensi untuk pelaksanaan acara haflah berikutnya supaya dapat berjalan lebih baik.
9. Selesai
Ketua panitia secara resmi membubarkan panitia haflah akhirussanah.
 



AGENDA RENCANA KEGIATAN H- HAFLAH AKHIRUSSANAH



NO
TANGGAL
AGENDA
1
20-Jan-17
RAPAT KE-2
2
17 Febuari 2017
RAPAT KE-3
3
10-Mar-17
RAPAT KE-4
4
02-Apr-17
RAPAT KE-5
5
06-Apr-17
Khataman Ngaji Malam
6
07-Apr-17
Selapanan Pondok Akhir
7
08 - 15 April 2017
Tamrinan
8
16-Apr-17
Selapanan Ahad Legi Ahir
9
17-Apr-17
RAPAT KE-6
10
18-20 April 2017
Input nilai Rapot
11
21-Apr-17
Dziba'an Kubro
12
24-Apr-17
Isra' Mi'roj
13
14 & 16 April 2017
Musabaqoh Non Akademik (VOLLEY)
14
23-24 April 2017
Musabaqoh Non Akademik (Futsal)
15
25 Apri l- 02 Mei  2017
Musabaqoh Non Akademik
16
25 Apri l- 02 Mei  2017
Musabaqoh Akademik
17
03-Mei-17
RAPAT KE-7
18
04-Mei-17
Muwada'ah
19
05-Mei-17
Festival Rebana (Rencana)
20
06-Mei-17
HAFLAH AKHIRUSSANAH
21

07-Mei-17
Musyawaroh evaluasi



22
08-Mei -17
Pembubaran panitia Haflah akhirusanah PPMH ke 39


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
nama : akhmad ula khabib munir alamat: margosari ,limbangan ,kendal santri mifda